July 06, 2013

Goodbye Guangzhou

Finally....akhirnya gw balik ke negeri tercinta ini!! *happy jingkrak jingkrak*
Don't you know? Selama ini persepsi gw tentang hidup di negara luar itu adalah kehidupan baru, menyenangkan, have fun, nyaman, tenang, independent.
Dan ternyata setelah gw mengalami tinggal di Guangzhou selama 4 bulan, gw kapok + tetap memilih Indonesia sebagai negara paling nyaman buat gw. Banyak yang bilang "ah mungkin gara2 dari kecil lu tinggal di Indonesia, apa2 udah tau makanya lu udah nyaman disana".
Well anggepan ini ga sepenuhnya salah, tapi 60% alasan lain kenapa gw ga betah tinggal di Guangzhou, mengingat Guangzhou termasuk dalam kota besar di China.

Minus:
  1. Gw agak shock sama kelakuan orang2 yang tinggal disana. Mereka SUPER JOROK. Setiap kemanapun gw pergi gw selalu menemukan orang buang ludah(ga pernah lupa pake aba2 nyedot reak segala juga)+ngebuang ludahnya sembarangan. Udah kaya ga ada tempat gitu, kan bisa yah buang ludah di tongsampah/tissue, baru deh tu tissue dibuang ke bak sampah. Ini mah bener2 depan orang stop dulu trus maen gitu aja ngebuang ludah >,< Illfeel berat sama kelakuan yang 1 ini.
  2. Mereka suka pub sembarangan. IYA, PUB SEMBARANGAN. Di taman kota gitu suka ada yang mojok + pub disana(boro2 cebok). Bahkan anak kecil disana hampir semuanya ada bolongannya, gunanya? ya buat pub dimanapun saat tu anak pengen pub. *speechless*
  3. Kasar + ga mau ribet. Pernah gw pesen nasi goreng gak pake sayur + telurnya di pisah. Dan gw ditinggalin begitu aja (aka ga dilayanin lagi) gara2 ngeribetin dia. Orang2 disana juga kalo ngomong kaya ngajak berantem. Di bus/MRT aja banyak yang heboh ngomong sambil telponan teriak2 sampe 1 lorong bisa denger(bangga kali ya kalo omongannya didenger sama orang), begitu pula kalo lagi berantem. Pernah ada couple yang jambak2an di MRT + saling teriak2. Pernah juga pas tante gw mau duduk di MRT diusir sama orang sebelahnya sambil ngoce2 teriak2 ga berenti katanya tante gw maksa mau duduk dia kesempitan (padahal kursi di baris seberangnya juga diisi sama 6 orang) *elus dada*
  4. Taxi. Jangan harap tukang taxi  disana butuh duit. Kalo di Indonesia sopir taxi bakalan berusaha nanya jalan / at least nanya kita "bisa bantuin jalannya?" Kalo disana yang ada langsung ditinggal pergi tanpa ngomong ba bi bu. Bahkan mereka ga mau nerima penumpang kalo terlalu deket jaraknya (maksud deketnya mereka itu : Sunter-Gading),malah diteriakin suru jalan kaki aja. Waktu co gw dateng ke China, akhirnya kita gotong2 koper naik Bus umum+jalan nyeret2 koper dari MRT station ke hotel gara2 ga ada taxi yang mau nerima kita(udah nyetop sekitar 8-9 taxi). *pengen lempar granat rasanya*
  5. Makanan di china jarang ada yang sehat. Does it matter? Ya iyalah! gw sangat aware sama hal yang 1 ini. Bukan berarti ga ada, tapi sangat jarang nemuin makanan sehat. Kalo ada pun pasti makanan di resto gitu kebanyakan. Bahkan dimsum di jalan2 pun kebanyakan dimsum frozen gitu yang tinggal dipanasin. Shabu2 di jalan2 pun juga frozen semua + packingnya pake cup  sterofoam(bungkus ikan tim di Chinese food pun pake sterofoam, ikannya dipatah2in gitu - Apa emang mereka kaga tau bahaya sterofoam?). Dan  bakery2 disana ternyata pake pengawet cukup banyak(sering di tes sama temen2 juga kalo tiap beli roti suka ada sisa + didiemin beberapa hari masi bagus bentuk+rasanya).
  6. Untuk berlangganan internet(android/iphone) di china harus daftar dari 1 bulan sebelumnya. Jadi misalnya mau aktifin inet untuk bulan depan, harus daftar dulu dari bulan ini. Kalo telat daftar? Ga bakalan bisa internetan walaupun saldo segudang T__T *thanks to wifi*
  7.  Orang china bangga banget kalo pacaran sama orang luar (mungkin kaya orang Indo bangga pacaran sama bule kali ya?). Tapi kayanya kadar bangga mereka lebih banyak daripada orang sini. Udah banyakkkkkkkk banget temen gw yang baru juga seminggu, eh udah dapet pacar orang sana & mereka seneng banget gitu. Sama halnya kalo cw sana ngeliat cw luar(padahal sama2 ras china) tapi ngeliatinnya kaya agak norak gimanaaa gitu.
  8. Udara Guangzhou kotor. Banyak temen gw yang mukanya jadi acak adul semenjak tinggal disana. Demikian juga dengan gw (komedo merajalela hiks).
  9. Orang China lemot + nge-hang. Yang ini kelewatan banget sih, ceritanya gw kan sering hunting makanan, jadi sering nekat pergi sendiri + nanya alamat ke mereka. Padahal tempatnya ada di sebelahnya PERSISSSSS, tapi dia bisa loh nyesatin kita jalan ke arah yang sebaliknya, dan ini udah SANGAT AMAT SERING terjadi. Jadi kalo mau nanya jalan disana sebaiknya nanya ke Satpam/nanya ke 10 orang sekalian(bahkan sopir taxi aja bisa salah jalan + ngusir turun gw gitu aja ditengah jalan)/liat GPS aja lebih tetpercaya.
  10. Kalo ngeliat cw china itu.... Dari bawah ke leher sih udah OK banget, baju bagus, sepatu bagus, lengkap dengan stocking jala-jala ala trio macan, tas juga bagus, pokoknya semuanya bagussssss. Sampe mereka angkat tangan+pamerin ketiaknya.....OH MY GOD........(pemandangan yang hampir tiap hari gw liat). Cw2 disana ga pernah waxing kayanya, entah mengapa(mungkin cowo2 disana seleranya yang kaya gini?).  Dan mereka sangat sering keluar heboh begitu tanpa make-up. Ibarat mau dangdutan tapi gak pol. Kostum OK, tapi muka+rambut masi lecek2 habis bangun tidur+ga mandi gitulah.

   Plus:
  1.  Apapun di china itu murah (dan juga murahan). Sekali makan cukup merogoh 6 khuai (sekitar 10rb) udah dapet pangsit isi 10 pc + sayuran + kuah / nasi goreng telur+maling sepiring penuh / bubur pitan 1 pot gede / bakmi + pangsit. Tapi kalo barang2 branded kurang lebih samalah kaya di Jakarta.
  2. Transportasi umum memadai. Salut sama yang 1 ini, mau kemana2 gampang kalo naik angkutan umum (kecuali TAXI!!).
  3. Mau cari apapun disana ada. Dari hal yang jelas sampe yang ga jelas lengkappppppp banget disana.
  4. Orang tua disana punya spirit hidup yang lebih bagus daripada orang2 tua disini. Gw banyak nemuin orang2 tua yang kongkow2 / main sepak kaki  / nari salsa  di taman. Ga kayak orang tua sini yang kerjaannya cuma dirumah merenungi nasib + kesepian :'(
  5. Udah sih kayanya....

Yah jadi intinya gw bersyukur udah dilahirin disini. Dan ga berencana buat kabur2 keluar lagi. Hehehehee....
Btw It's already July . Time flies fast ya, kayanya baru kemarin gw ngelewatin taon baru, dan tiba2 sekarang udah lewat setengah tahun gitu aja. Dan kayanya gw udah banyak ngebuang2 waktu gw dengan sia-sia. Hopefully setelah ini gw ga bakalan nyia2in waktu gw lagi(malu sama umur udah mau 1/4 abad bentar lagi T_T).

                "Time you enjoy wasting is not wasted time" 
 
@ Heihei Club

My Univ!

My Partner in Crime! hahaha...
  


        Btw I just dyed my hair into Ombre redwine-shockingpink. Does it look good on me?

Pink is the new black! Rawwrrr~~


No comments:

Post a Comment