November 13, 2013

FAM - FIBROADENOMA MAMMAE

Hai hai!
Kali ini aku mau posting mengenai penyebab aku masuk RS kemarin. Banyak banget yang shock begitu tau aku masuk RS, padahal beberapa hari sebelumnya lagi seneng main2 di Bali.
KENAPA? Ya gara2 si Fibroadenoma Mammae ini nih!
Aku merasa penting banget buat post artikel ini, karena aku awalnya sangat awam + walaupun udah googling sana sini tapi ga nemu gambaran jelasnya seperti apa. Dan ga seharusnya aku merasa malu + menutup2i hal yang seharusnya bisa bermanfaat buat orang lain.

CLICK! Foto dulu padahal aslinya lagi mewek ketakutan

Fibroadenoma Mammae
Definisi :
Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang paling sering terjadi pada remaja dan wanita dibawah usia 30 tahun. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari Fibroadenoma mammae ini untuk menjadi kanker yang ganas. Tumor ini dibatasi letaknya dengan jaringan mammae oleh suatu jaringan penghubung. Fibroadenoma mammae timbul akibat pengaruh ketidakstabilan hormon estrogen yang berlebihan yang biasanya terjadi akibat stress/penyebab-penyebab lainnya.

Gejala :
Pertumbuhan Fibroadenoma mammae umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, dan pada saat disentuh kenyal seperti bola karet, licin, dan cenderung menghindar ke sisi lain saat ditekan lembut.

Hal ini bermula saat aku mandi, dan merasakan adanya benjolan kecil. Shock bercampur stress bercampur sedih+di otak aku udah super parno banget. Semingguan itu aku gak bisa tidur mikirin hal ini, & tiap hari dari pagi sampe pagi lagi googling sana sini cari tau ini tuh apaan sih sebenernya(maklum obsesi jadi dokter ga kesampean). Dan parahnya lagi, pas lagi "dapet" benjolan ini jadi agak perih + sedikit membesar. Setelah sotoy semingguan, akhirnya aku menarik kesimpulan kalo ini Fibroadenoma mammae. Akhirnya aku memberanikan diri buat periksa ke dokter , dan setelah tanya kanan kiri banyak yang merekomendasikan Dr.Dian di RS Pantai Indah Kapuk.

Si dokter bilang bahwa kalo diliat sekilas dari luar, benjolan ini biasanya jinak. Tapi berhubung aku masih (sok)muda, dan hormon estrogen ku masih lancar-lancarnya, benjolan ini bakalan bertambah besar, karena dia mendapatkan makanan dari hormon estrogen ini.
Dr.Dian sangat menyarankan untuk diangkat segera agar benjolan itu ga bertambah besar plus benar2 memastikan ga ada sel yang ganas sama sekali.  

Sebelom operasi, aku diharuskan untuk menjalani USG, Rontgen paru paru, dan HBVs.
Tujuannya supaya benar2 tau dengan pasti letak + ukuran + aliran darah disekitar benjolan tersebut. Kalau Rontgen katanya supaya make sure aja pas operasi keadaan tubuh aku benar2 FIT. Dan Operasi dijadwalkan setelah acara "dapet" selesai, karena sel-sel kita saat "dapet" itu sangat sensitif(akibat kebanyakan nanya sama dokter). Takut tapi penasaran, aku takut banget kalo hasilnya mengecewakan, tapi gak bisa juga melihara benjolan ini kan, kalo ternyata jinak tapi membesar bisa jadi ganas :'( . 2 Minggu lebih aku Novena 3 salam maria + berdoa terus, aku takuttttttt banget sama yang namanya alat bedah, suntikan, rumah sakit. Ga pernah sekalipun dari kecil walau sakit aku sampe dirawat di rumah sakit >,<

Hari operasi pun tiba, aku gak bisa tidur seharian! Tau2 udah siang dan aku langsung berangkat ke PIK untuk operasi. H-2 jam tanganku disuntik selang karet(seperti foto diatas), gunanya supaya pas mau operasi nanti seluruh penyuntikan anastesi + infus + obat2 lainnya tinggal disuntik via bukaan pompa yang ada di selang itu. Suer ya, itu namanya ruang operasi beneran bikin merinding, isinya suster2 pake baju ijo banyak banget pegang peralatan & suntikan. Aku sampe pake acara nangis2an dulu sekitar 30 menit gara2 takut(plus udah ngeliat foto2 di google)sama prosedurnya T_______T
Tapi begitu dokter anastesi dateng, ga pake ba bi bu si dokter langsung aja nyuntik 3 jenis obat ke selang di tanganku, dan tiba2 langsung saat detik itu juga aku tepar ga sadar lagi.


Ini di Zoom ya, ukuran aslinya hanya 2cm

Bangun2 aku ada di ruang observasi(katanya biar ditinjau dulu keadaan pasien setelah operasi sampai stabil baru dipindah ke kamar). Aku sempet agak bingung ini operasi nya udahan apa belum ya, soalnya bener2 ga ngerasa apa2 sama sekali & kaya baru bangun dari tidur aja. Paling rasa ngilu , itupun sangat sedikittttttt gara2 jahitan, tapi beneran deh ternyata ga seserem yang aku kira(bakalan dibelek2 + digunting2 + dijait2 kaya film Texas Chainsaw gitu). Ga lama kemudian aku dipindah ke kamar biasa(berhubung punya asuransi jadi harus nginep, padahal bisa langsung pulang...labil juga ni asuransi demen bayar lebih mahal padahal bisa bayar murahan kalo ga nginep kan). Hal pertama yang aku rasain mulutku jadi pait parah gara2 anastesi, dan 1 harian itu, tiap minum+makan aku selalu muntah(thanks to infus). 

Seumur hidup, aku baru pernah ngerasain masuk rumah sakit + tidur 1 hari disini. Rasanya? ENAK! hahaha.......Enak lah tiap berapa jam sekali ditengokin, ditanyain ada keluhan ga, mau pesen makanan apa+bisa request mau daging apa(serasa di restoran), tiap mau ngapa2in tinggal pencet bel langsung dateng deh perawatnya. Obat yang kuminum cuma 1 antibiotik + 1 panadol, itu juga disuapin sama perawatnya. Hihihi.....AND YOU KNOW WHAT? Pas keesokan harinya keluar, total biaya yang harus aku bayar = 0 perak.  Rontgen, hbvs, usg, konsul, obat2an  BEFORE & AFTER operasi juga FULL dicover sama insurance!

SUPER THANKSSSS banget punya Agent insurance yang sangat kooperatif, sebelum masuk RS dia dateng kerumahku, udah disodorin form2 yang harus dikasih ke RS + dijelasin tata caranya semua secara lengkap panjang lebar(+sabar ngadepin klien super banyak pertanyaan tapi lemot ini). NOTE: Buat yang mau cari insurance, cari yang agentnya benar2 udah lama di bidang ini ya, karena banyak temen yang pas masuk insurance sama temennya, tapi pas mau klaim ternyata temennya udah ga kerja di insurance lagi, dan alhasil jadi bola pingpong di lempar kesana sini. Atau kalau mau contact agentku juga bisa: (Michael, 0811-859-710).  Mike ini temenku dari dulu, udah 6 tahun terjun di bidang ini bareng bokapnya, & TRUST ME, si mike ini super panjang sabar, not money oriented, & telaten banget walaupun punya klien aneh bin ajaib(kaya saya)sekalipun! (jarang banget loh gw bisa muji orang)



 

                          Yang nungguin aku semaleman? Pacarku yang jelek ini nih:
Si jelek yang ga bisa tidur & akhirnya tidur ayam di ranjang pasien berdua barengan 

Dan setelah 1 minggu(tepatnya hari ini), aku kontrol lagi ke dokter untuk mengganti perban + ngambil hasil pemeriksaan benjolannya. THANKS GOD! Benjolan ini bener2 jinak. Pas aku ngeliat lukaku, ada legokan kecil kedalam gitu, tapi katanya bakalan pulih dalam 3-4bulan kedepan. Dr Dian baik bangett, ga jutek walau aku jerit2an pas buka perban(takut ada darah ngocor2) + aku tanyain yang aneh2 panjang lebar. Dia cuma pesenin kalo jangan terlalu mikirin masalah sampe berlarut2 & bikin stress sendiri(kali2 dulunya ahli filsafat). Ga ada pantangan makan sama sekali, dan ga ada obat2 tambahan lagi yang harus diminum. I`m FREE!!!

Oh ya, berhubung masih penasaran, aku sempet googling beberapa artikel penyebab tumor jinak ini. Ada beberapa yang bilang karena keseringan cat rambut, ada juga yang bilang karena Deodorant yang dipakai mengandung alumunium/apalah itu, ada juga yang bilang terlalu stress dalam jangka waktu lama, & BAD NEWS: Para dokter di seluruh dunia pun sampe sekarang masih belom tau penyebab pastinya. Yang pasti semakin tahun semakin banyak remaja yang mengalami kasus ini, baik wanita maupun pria(waktu operasi ada 5 pasien yang mengalami kasus serupa, salah satunya ada cowo umur 22thn yang punya benjolan 6cm di paha belakang). 

Buat kalian yang masih muda(mulai sok tua), rajin rajin ya sesekali kalo mandi diraba bagian tubuhnya, ga usah kenceng2 juga kaya ngajak berantem, cukup ditekan sedikit aja, kalo ada benjolan pasti langsung berasa kok. Semoga artikel ini membantu yaa :)

Pantangan versi gw:
GULA (apapun yg manis itu makanan buat tumor/cancer)
Ayam NEGERI
Daging SAPI
TERASI (kangkung balacan itu ada terasi lho!)
Semua yang di goreng pake minyak curah/abal2
Panggang2an, kalo ada item2 dibuang, penyebab cancer no.1
MSG / JUNKFOOD/ makanan pengawet kalengan
Kulit ayam sebaiknya dikurangin
Cat rambut/ Deodorant / Kimia apapun yg nempel tubuh
Es Campur!! (walaupun sehat, tapi gulanya ajubile banyaknya)
   (*)pesen AQUA / Air kelapa utuh / apapun yg ga ada gulanya
Kadang suka bandel makannya, cuma asal ga kelewatan gpp 

God Bless Us!

** Contact Person:
* PRUDENTIAL Agent: Michael, 0811-859-710
* Dr. Dian di RS PIK: 021- 5880-911
 

33 comments:

  1. Hi dear, thanks for sharing yaa.. :') you're a tough girl

    ReplyDelete
  2. nice info ceceh.. :p

    ReplyDelete
  3. ARGH gue jugak pernah operasi tumor 2 biji di payudara..
    yang pasti hindari konsumsi daging merah kebanyakan dan jgn kebanyakan ekstrogen (kacang2an dan soya) krn bisa micu tumor bagi cewe.. well get well soon dear ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii..sbb. Thankss ya :)
      Padahal aku jarang makan daging merah lho, kata dokter gara2 hormon ga stabil hahaha....Kalo kacang2an sama soya dikurangin aku ga tau lagi mau minum susu darimana, karena aku alergi susu sapi T_T

      Delete
  4. hihi, aku juga pake prudential :P
    Beneran dicover yaaa, kapanan hari aku juga harus jait kaki+suntik vaksin apa gituuu juga diganti full

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa hehehe...sebenernya semua asuransi di cover sih pasti. Cuma kadang ada agent yang ga ngerti bener product nya & maen kejer target aja. Pas mau klaim ternyata ada aja alesannya jadi ga bs diganti...hahaha

      Delete
  5. thx for sharing ren bermanfaat bgt.. :) semoga cepet fit lagi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada vincentt...Udah fit banget gw cent hahaha....Thank you!

      Delete
  6. Benjolannya dibagian mana say kalo boleh tau?

    ReplyDelete
  7. Thanks for sharing, sehat selalu ya :)

    Join my Mini Giveaway, win lots of cute and pretty fashion stuff. Open worldwide till January 27th. Click here.
    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | INSTAGRAM

    ReplyDelete
  8. thank you ya sist..artikelnya menguatkan aku..God bless you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..semoga lekas sembuh ya <3 Mikir yg positif, banyak konsumsi brokoli & blueberry & salmon. Jangan makan goreng2an/ pedes2 / seafood dulu ya :) GBU!

      Delete
  9. Hai mba, sy malah baru masuk nih opname, kmrn total kwitansi abis brp mba? Ga pakai biopsi n ct scan ya?
    Thanks yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake biopsi & ct scan...tapi diganti semua sama asuransi kan hehehe...
      kalo ga salah 22jt an deh totalnya kemarin itu. Cepet sembuh ya!

      Delete
  10. Aku jg punya fibroadenomoa mammae. Tapi blm di operasi.. usg baru sekali. Tahun lalu uk nya 4mm. Thn ini blm di cek lagii. Takuuuutt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sry for late reply. Kenapa ga dicek lg? Membesar atau mengecil ukurannya? Mendingan dicek lg deh ke dokter. Biar make sure aja sblm terlambat :)

      Delete
  11. Dioperasinya, diambil dr bagian mananya ya?
    Sori, apa ada bekasnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dai pinggirnya, bekas sih pasti ada tapi pinter2nya dokternya gimana cara sayatnya *horor banget bahasanya*

      Delete
  12. Hi Rene,

    Aku pernah operasi Giant FAM (kata dokter sp.onkologi-nya) thn 2009.
    Alhamdulillah sampai hari ini ga ada keluhan.
    Dulu biaya operasiku cuma 10jtan utk Kelas 1 di RS swasta di Tangerang.
    sekarang 2x lipat ya?
    Buat para wanita, kalau ada benjolan jangan langsung panik dan mikir yang engga2, bisa stress dan memicu penyakit semakin parah.
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sorry aku baru baca commentnya, maaf banget jarang ngeliatin blog T_T
      Operasi tergantung RS nya dimana, kalo di RS PIK emg agak lumayan harganya, tapi berhubung prudential bisa di klaim disana makanya aku ambil disana.
      Iya aku awalnya panik setengah mati + stress, uda ngebayangin yg engak2. Tapi kalo ga diperiksa segera malah makin tersiksa mikirinnya hahaha...Semoga ga numbuh lagi ya!

      Delete
  13. Aku uda 2 kali operasi FAM pd payudara kiri 3 bulan kedepan yang kanan (⌣̩_⌣ʃƪ) uda 4 tahun berlalu kok skrg ngerasa ada lagi ya, operasi lg kah? I don't know :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bisa ada lagi? waktu yg lalu hasil biopsinya apa?
      Coba konsul ke dokter dulu aja(kalau bs cek ke beberapa dokter) buat make sure.
      Biasanya kalau jinak ga muncul2 lg sih setauku

      Delete
  14. halo ciii makasih ya sharingannyaaa. pgn nanya nanya niih tp skrg cici sehat kaah? msh kambuh ga? kemarin aku br dokter dapet kasus yg saama dan dianjurkan jg utk operasi, aku cuma takut jadi ganas huhu :( need advice....

    thankyou ci :)

    ReplyDelete
  15. Kak mau nanya, kalo periksa ke poli bagian apa ya?
    Bedah apa ke dalam dulu?
    Thanks kak :)

    ReplyDelete
  16. maaf mbk, mau tanya, apa ada rasa nyeri2 sebelumnya?? makasih

    ReplyDelete
  17. Wow... nice article :)
    I'll share this article!

    Thanks so much Valerie :)

    God Bless Us :)

    ReplyDelete
  18. Nice article!
    Aku juga pernah operasi FAM 2 tahun yg lalu...
    Sekarang tumbuh lagi :(
    mungkin faktor hormonal sampai usia 30th

    Thx

    ReplyDelete
  19. stelah baca artikel kakak terjawab semua apa yg jadi tanda tanya besar di otak.ku kak..
    thnks ya kak...

    ReplyDelete
  20. Hi Rene...
    Hi kmima
    Aku sm nih kyk kalian pix fam fan sm jg kyk kmima aku udh op 2 thn lalu dan skrg numbuh lgi dpayudara satunya lagi trs ada 2 bnjolanx...takut bgt :'( :'(

    ReplyDelete
  21. oh ya penyakit fibroadenoma mammae dan juga kanker payudara lebih bahaya mana ya, makasih banyak ilmunya salam kenal

    ReplyDelete